Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Resep Menjaga Kesehatan Ala Pak Bondan Winarno

Pak Bondan seorang pakar kuliner yang telah banyak mencicipi masakan nusantara maupun masakan dari negara luar mengaku memiliki resep tersendiri untuk tetap sehat agar dapat terus mencicipi kuliner enak. Usia beliau yang sudah tidak muda tentu akan lebih beresiko terhadap makanan yang mengandung lemak terutama kolesterol. Namun seperti yang kita saksikan di TV ketika beliau mencicipi sebuah kuliner, beliau begitu menikmati seperti tanpa pantangan apapun.

Beliau mengaku jika ia sedang syuting kuliner yang biasanya memakan waktu 3 hari, berat badannya dapat naik 1-1.5kg, namun beliau hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk mengatasinya. Berikut adalah resep yang berhasil saya catat ketika beliau menjadi bintang tamu di acara Show Imah Trans TV (27/06/2013):

1. Sadari apa yang dimakan. Menyadari apa yang dimakan artinya kita mengetahui apa kandungan apa yang kita makan dan apa efeknya pada tubuh. Seperti babat, beliau mengaku menyukainya tapi di umur beliau saat ini hanya diperbolehkan makan 3 bulan sekali.
2. Olahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga tidak bisa digantikan dengan meminum obat karena itu penting meluangkan waktu untuk berolahraga. Beliau mengaku olahraga yang dijalani saat ini adalah bersepeda.
3. Detoksifikasi. Bagian ini adalah bagian terpenting dimana detoksifikasi memiliki arti sebagai menetralisir racun. Beliau mengaku sehabis syuting 3 hari dengan pola makan yang sembarang lahap, maka ia membutuhkan waktu 2 hari untuk tidak makan apapun kecuali air putih dan jus setiap 2 jam sekali. Jus yang diminum pun terbagi lagi menjadi jus buah dan jus sayuran. Menurut pengakuan beliau jus buah dan jus sayuran tidak boleh dicampur untuk proses detoksifikasi, tapi jika hanya untuk fun drink seperti yang biasa dihidangkan di cafe itu bukan masalah.

Khusus poin ketiga yaitu proses detoksifikasi ini bagi muslim sudah dicontohkan Baginda Rasulullah SAW dengan berpuasa Senin-Kamis. Tapi yang harus diingat adalah jangan makan berlebih saat berbuka puasa seperti lazimnya yang biasa dilakukan yaitu menuntaskan hawa nafsu untuk berbuka setelah seharian berpuasa, hal ini tentu tidak akan membawa efek apapun bagi tubuh.

Hanya 3 tips tersebut yang diberikan pak Bondan untuk menjaga kesehatan agar tetap dapat makan enak diumur beliau yang sudah tidak muda lagi. Semoga bermanfaat.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s