Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Efektifkah Metode Perkuliahan Presentasi dan Diskusi?

Tulisan kali ini berdasarkan pendapat dan pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa. Bagi sebagian besar mahasiswa tentu sudah akrab dengan metode perkuliahan presentasi dan diskusi. Dalam metode ini perkuliahan tatap muka dilangsungkan dengan cara mahasiswa melakukan presentasi sesuai dengan silabus atau pokok bahasan pada kuliah tatap muka bersangkutan. Bagi mahasiswa yang mendapatkan giliran tampil untuk presentasi mendiskusikan pokok bahasan harus menyiapkan slide dan makalah, sedangkan bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan giliran diharapkan dapat mengikuti diskusi dengan memberikan pertanyaan, sanggahan, tanggapan, kritik, dan saran. Salah seorang dosen saya mengistilahkannya dengan perkuliahan dari anda (mahasiswa) untuk anda (mahasiswa).

Tapi apakah metode ini efektif dalam perkuliahan? Saya tidak sependapat, ada beberapa alasan mengapa saya beranggapan begitu. Pertama, mahasiswa yang tidak mendapat giliran presentasi, kebanyakan tidak akan antusias mengikuti perkuliahan karena seringkali mereka menggangap remeh mahasiswa lain yang sedang tampil untuk presentasi. Mahasiswa yang tidak tampil merasa bahwa yang sedang menjelaskan didepan kapasitasnya sama dengan dirinya, sehingga meskipun ia tidak memperhatikan, tidak akan ada yang marah pada dirinya. Meskipun ada dosen yang duduk didepan, sepanjang pengalaman saya, dosen yang duduk mendengarkan presentasi tidak banyak berpengaruh untuk membuat mahasiswa peserta diskusi memperhatikan rekan sesama mahasiswa yang sedang presentasi. Hal ini berbeda ketika dosen berdiri untuk menjelaskan dengan sesekali berjalan mengitari kelas sambil memperhatikan aktifitas mahasiswanya selama kuliah. Kedua, kapasitas mahasiswa yang melakukan presentasi adalah “mahasiswa”, belum punya pengalaman mengajar dan ilmu sebanding dengan dosen yang minimal adalah S2. Meski telah diberi kesempatan untuk memperdalam materi bahasan sebelum presentasi, tapi apakah benar mahasiswa mempersiapkan presentasinya sejak jauh-jauh hari? mungkin hanya segelintir mahasiswa saja. Ketiga, kuliah bertujuan untuk menambah ilmu, ilmu itu didapat dari buku dan dosen berperan untuk menjelaskan serta menerangkannya pada mahasiswa. Sayang kan jika dosen yang punya gelar akademis tinggi bahkan didapat dari universitas tekemuka di dunia tapi ilmunya tidak tersalurkan pada mahasiswa yang diajarnya. Keempat, presentasi hanya membuang waktu untuk tatap muka dengan dosen, hal ini terpaut dengan alasan ketiga tadi, saya percaya bahwa seorang dosen tidak hanya memahami ilmu teori yang ada di buku, mereka juga punya pengalaman yang biasanya mereka bagikan saat perkuliahan, bagaimana hal itu akan terjadi kalo waktu perkuliahan saja sudah habis dengan presentasi dan menjawab pertanyaan yang seringkali tidak terjawab dengan sempurna. Memang diakhir presentasi dosen menambahkan jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan, tapi jelas waktu akan keburu abis sebelum pertanyaan itu terjawab sempurna.

Tapi bukan berarti metode perkuliahan presentasi dan diskusi itu tidak efektif sama sekali, dengan adanya diskusi biasanya mahasiswa lebih kreatif mengajukan pertanyaan demi agar namanya dicatat untuk memperoleh nilai keaktifan. Melalui metode itu pula mahasiswa lebih agresif mempersiapkan dirinya agar bisa tampil maksimal saat presentasi, tapi setelah presentasi, seringkali biasanya sebagian besar mahasiswa menjadi lebih santai, hanya segelintir saja yang tetap aktif mengikuti diskusi di pertemuan selanjutnya.

Begitulah kiranya pendapat saya mengenai metode perkuliahan ini. Hal ini murni berdasarkan sudut pandang saya sebagai mahasiswa yang selalu terkagum melihat kedalaman ilmu seorang dosen, ilmu yang aplikatif dengan sesekali di bumbui pengalaman hidupnya. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan ini yang tidak saya sengaja.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s