Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Hujan adalah Nikmat

Musim hujan telah datang, di kota Bengkulu sendiri saat saya menulis ini langit sedang berwarna kelam diiringi hujan yang turun dengan intensitas sedang hingga tinggi, kadang hujan turun rintik, terkadang turun dengan lebat disertai angin. Bagi sebagian orang yang kesehariannya disibukkan dengan kegiatan di luar rumah pastinya ini menjadi kendala, hal ini tentunya lebih terasa bagi pengendara sepeda motor, tak heran jalanan menjadi tak seramai biasa, cucian pun jadi banyak yang akhirnya tak kering. Sedangkan hujan yang terus menerus dengan intensitas tinggi beresiko menimbulkan banjir, Alhamdulillah kota Bengkulu bukan kota yang rawan banjir seperti Jakarta.

Hujan sebaiknya tak kita sikapi dengan negatif, termasuk mengeluhkannya karena Allah menurunkan nikmat dan keberkahan untuk bumi bersama hujan. Hujan lah yang akan membasahi pepohonan yang nantinya akan bermanfaat bagi manusia dan hewan. Dari tanaman dapat kita manfaatkan buah, daun, bahkan batangnya. Bayangkan saja jika hujan tak pernah turun membasahi bumi, tanah menjadi kering, tanaman mati, dan darimana manusia dan hewan akan minum jika sumur dan sungai kering akibat hujan tak pernah turun.

Rasulullah SAW pernah bersabda, berdoa lah disaat hujan turun: “carilah doa yang mustajab pada 3 keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” (HR. Al-Hakim)

“Dan diantara tanda-tandaNya ialah bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila kami turunkan air diatasnya, niscaya ia brgerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan yang menghidupkanya, pastilah dapat menghidupkan yang mati, sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu” (QS. Fushshilat:39)

Mari kita sambut hujan yang turun dengan doa yang telah di ajarkan Rasulullah sebagai berikut: Allahumma Shoyyiban Naafi’an “Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari). Semoga Allah tak menimpakan bencana dan hukuman pada hujan yang turun seperti hujan yang tejadi pada kaum Nabi Nuh AS, sekali lagi mari saling mengingatkan untuk tak mengeluhkan hujan agar Allah tak menggolongkan kita sebagai manusia yang tidak mensyukuri nikmatNya.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s