Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Kebersahajaan dari Sebuah WC

Dulu di tahun delapan puluhan, WC di desa-desa terutama di pinggir-pinggir kali sangat alami dibanding WC di zaman sekarang. Coba saja bertanya pada orangtua kita yang dulu pernah tinggal di desa pinggir kali, ketika seseorang buang hajat terutama di malam hari, ia akan disuguhi pesona bulan purnama bersanding bintang-bintang dalam indahnya malam, memang WC di zaman dulu tidak beratap melainkan hanya dibatasi sekat disekitarnya, di zaman sekarang masih dapat kita jumpai di beberapa daerah nan jauh dari modernitas. Sekitar 2 meter kebawah, ada kolam ikan yang biasanya adalah kolam ikan lele yang akan dengan senang hati menemani kesendirian, ada juga suara katak yang memecah sepi diselingi suara burung hantu yang sedang mencari santapan malamnya. Ketika pulang, rona paling ikhlas biasanya tampak di wajah, melempar senyum kepada alam, mengucap rasa terimakasih atas keakrabannya di hari ini walaupun tak ada balasan darinya.

Dulu orangtua kita hidup serba sederhana, bahkan terkadang lebih banyak kurang daripada lebihnya, tapi entah kenapa saat itu mereka merasa paling bahagia di dunia, seperti tak ada beban, setiap masalah dapat ditangani bersama keluarga disekitarnya (tetangga). Baginda Rasulullah SAW di riwayatkan ketika ia tidur, pipinya berbekas akibat kasarnya pelepah kurma yang menjadi alas tidur Beliau. Hari ini, kita hidup serba mewah dan canggih, kita tidur di tempat yang empuk, tapi banyak kita yang sering merasa gelisah dan galau, bahkan tak sempat menikmati lelapnya tidur. Pelajaran yang dapat kita petik ternyata bahagia itu bukan terletak pada kemodernan dan kekayaan, tapi ada pada kebersahajaan dan rasa syukur. Ketika kita menurunkan derajat syarat terhadap apa yang kita dapatkan di dunia, maka semakin mudah lah kita jumpai kebahagiaan.

(Terinspirasi dari buku yang berjudul Humor Sehat Ala Ustadz, Muhamad Yasir; Pustaka Al Kautsar, dengan berbagai kutipan).

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s