Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Waktu Mengantarkan Kita Pada Usia Tua

Jika ditanya siapa yang mau tua, dapat saya pastikan tidak ada yang mau, begitupun dengan saya, karena tua begitu identik dengan lemah dan dekat dengan kematian, padahal sejatinya kematian itu dapat datang pada usia berapa saja dan dapat terjadi kapan saja tanpa ada yang tahu persis kapan waktunya. Hampir sebagian besar manusia begitu mencintai dunia dan cenderung tak siap untuk meninggalkannya, tapi yang namanya usia, pasti selalu bertambah seiring tiap detik yang kita lewati, tak ada yang bisa menolak, tak ada yang bisa mengingkarinya. Jika Tuhan mengizinkan, masa tua pasti akan datang menghampiri kita, tapi jika Ia tidak mengizinkannya, Ia akan memanggil kita sebelum tua datang menghampiri. Kematian adalah hal mutlak yang akan datang pada makhluk bernyawa.

Beberapa ahli hikmah berkata, ada tiga hal yang berkurang ketika seseorang memasuki masa tua, yaitu berkurangnya keuangan, berkurangnya pengakuan, dan berkurangnya aktivitas fisik yang dapat dilakukan. Usia tua adalah masa seseorang butuh dipahami. Sebab pada masa itu kenikmatan-kenikmatan Allah satu persatu mulai berkurang. Rambut memutih, kulit yang tak kencang lagi, tulang melemah, pandangan kabur, kekuatan melemah, dan gigi pun mulai permisi satu persatu.

Pastinya ketika kita dimasa tua nanti mengimpikan anak cucu kita akan memahami dan mengerti akan kondisi kita, tetap menyayangi kita sepenuh hati dan menghormati kekurangan kita, begitupun dengan kakek-nenek dan orangtua kita yang masih hidup, mereka mengharapkan hal yang sama dari kita. Maka ketika kita masih diberi nikmat kekuatan, usia yang muda, dan fisik yang bugar, manfaatkan lah masa itu sebaik mungkin dengan ibadah dan amal baik, termasuk memahami, menghormati, dan mengerti kondisi kakek-nenek dan orangtua kita yang masih hidup, jangan terlantarkan mereka dimasa tuanya. Jika mereka telah tiada, maka doakan lah.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s