Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Countdown to 2013

Beberapa jam lagi tahun masehi 2012 akan berganti menjadi tahun 2013, sebagian besar orang menyambutnya dengan bergembira, berpesta pora, menghamburkan sejumlah uang, bahkan tak jarang yang menyambut pergantian tahun dengan maksiat.

Jika hal ini telah terjadi justru menjadi salah satu bentuk keprihatinan kita sebagai manusia yang diberi akal dan kebijaksanaan, bahkan agama pun melarangnya. Tak ada aturan hukum negara maupun agama yang melarang kita merayakan pergantian tahun baru masehi, tapi jika telah mengundang banyak mudharot jelas agama Islam melarangnya.

Kita bersama sadar, negeri ini masih dalam bentuk “keprihatinan”, krisis terjadi di segala aspek kehidupan bernegara, kepemimpinan, politik, ekonomi, sosial, bahkan budaya. Alangkah baiknya jika pergantian tahun ini kita pergunakan untuk melakukan review atas apa saja yang telah kita lakukan di tahun 2012 ini, pencapaian apa yang telah kita capai, dan kenanglah dosa yang telah kita perbuat, tak perlu menutup mata dan mencoba melupakan dari dosa kita, karena sejatinya apa yang telah kita lakukan akan dimintai pertanggung jawabannya, baiknya kita sadari, tangisi dan tobati, semoga Allah mengampuninya.

Setelah melakukan review atas apa saja yang kita lakukan di 2012, mari tetapkan resolusi untuk tahun depan, buat planning dan target spesifik, misal saya harus memiliki sebuah usaha mandiri di tahun 2013, tetapkan misi untuk mencapainya, jangan lupa selipkan doa dan harapan, tentu saja resolusi ini harus diiringi dengan kerja keras dan tindakan nyata.

Sungguh bangsa ini membutuhkan generasi muda yang loyal pada negaranya, memiliki visi untuk kemajuan bangsa. Bangsa ini merindukan generasi pembela bangsa seperti Gajah Mada dan banyak pahlawan besar bangsa lainnya. Alangkah baiknya jika pergantian tahun baru kita sambut dengan kegiatan positif, bukan dengan perayaan yang hura-hura menghamburkan uang, maksiat yang akhirnya hanya akan mendatangkan musibah dan amarah dari Allah SWT.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s