Randhy Ichsan

Islam, Ekonomi, Indonesia

Sedekah

Mungkin masih banyak diantara kita yang sering lupa bahwa sebenarnya Allah telah menjanjikan bahwa sedekah takkan mengurangi harta dan bahkan sedekah mampu menolak bala bencana yang akan datang menimpa kita. Dikesempatan kali ini saya akan menceritakan kejadian yang menimpa seorang pria yang masih duduk dibangku kuliah, kita sebut saja namanya Abdullah.

Seperti biasa dan sudah menjadi rutinitasnya, Abdullah berangkat kuliah menggunakan sepeda motornya, pada sore itu ia sedikit terlambat dan bergegas pergi kuliah. Tak ada yang aneh, ia berkendara seperti biasa, tidak ngebut dan tidak juga pelan. Kampus sudah terlihat, hingga tinggal beberapa meter lagi, karena posisi kampus yang berada diseberang jalan, maka Abdullah membawa motornya berjalan ketengah sambil mengidupkan lampu sein, ia berhenti sesaat ditengah karena kendaraan berlawanan arah sedang ramai, hingga kendaraan sudah mulai lengang, hanya tampak mobil Avanza silver yang berjalan pelan dan berada cukup jauh, Abdullah mulai berbelok untuk masuk gerbang kampusnya, tapi tiba-tiba mobil avanza tersebut terus melaju, seolah pengemudinya tak melihat keberadaan Abdullah yang sudah berbelok setengah jalan, hingga akhirnya mobil tersebut menabrak motor Abdullah, ia terjatuh dan Alhamdulillah ia hanya mengalami luka yang ringan ditangannya, sedangkan motornya rusak pada bagian standar dua motor (standar yang berada dibawah motor, bukan yang disamping dan biasa digunakan jika parkir sebentar), standar itu bengkok masuk kedalam hingga menyentuh ban yang menyebabkan ban belakang motor Abdullah tidak bisa berputar.

Apakah ini kejadian yang biasa? Ternyata tidak, kita balik pada cerita Abdullah sebelum ia berangkat kuliah, kebetulan pada hari itu adalah hari jumat, seperti biasa Abdullah pergi sholat jumat layaknya lelaki lainnya yang diwajibkan untuk pergi sholat jumat ke masjid. Kebetulan pada hari itu cuaca mendung dan turun hujan yang lumayan deras, Abdullah memilih untuk sholat jumat di masjid dekat rumahnya, seperti biasa sewaktu Khatib naik mimbar menyampaikan ceramah, celengan masjid untuk sumbangan anak yatim, pembangunan masjid dan laimnya dijalankan dari satu shaf paling depan hingga ke shaf paling belakang, tak pernah lupa Abdullah slalu mengisi celengan itu sebagai bentuk rasa syukurnya atas rezeki dari Allah, dengan tujuan harta yang ia miliki berkah dan diridhoi Allah, seperti manusia umumnya Abdullah juga berharap sedekah itu juga mampu mendatangkan rezeki yang lebih berlimpah kedepannya. Abdullah sendiri telah sering membuktikan bahwa sedekah yang ia keluarkan tak pernah mengurangi uangnya. Dan pada hari ini, Abdullah kembali membuktikan janji Allah lainnya, sedekah akan menolak bala bencana.

Anda mungkin berpikir, darimana saya bisa mengatakan bahwa sedekah Abdullah telah menolak bala bencana yang datang padanya? Malah Abdullah pada hari itu mengalami kecelakaan ditabrak mobil. Ini rahasia Allah, bisa saja kecelakaan tadi lebih parah dari yang terjadi saat itu, jika besi pada standar motor Abdullah saja bisa bengkok, bagaimana jika yang kena pada saat itu kaki Abdullah? Dan bagaimana Abdullah bisa tidak mengalami luka sedangkan tabrakan itu terjadi cukup keras? Wallahu’alam yang jelas Allah takkan mengingkari janjiNya, semoga kita termasuk hamba yang selalu bisa bersyukur

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s